19 Agustus 2007

KemErdEkaAan


gak terasa juga yaa..ternyata sudah ke 62 tahun indonesia merdeka, perasaan baru kemarin kemerdekaan yang ke 52, ternyata itu zaman SD ku he..he...da lama juga ternyata, da tua juga umurku sekarang. ehm..
kalau ngomongin masalah kemerdekaan.
kemerdekaan itu kayak apa si? trus...yang dimaksud dengan merdeka apa ya? aku sering dengar berbagai komentar di radio-radio tentang komentar masyarakat umum tentang sebuah kemerdekaan..ada yang bilang..merdeka adalah bila kita bebas dari penjajahan, bebas dari kemiskinan, bebas dari kebodohan, bebas tuk bersuara, bebas mengenyam pendidikan dll.
bagiku kemerdekaan adalah dimana kita bukan hanya bebas dari penjajahan manusia, akan tetapi kita bebas dari penjajahan diri sendiri, bebas dari belenggu, bebas tuk bersuara, bebas tuk menentukan hidup, bebas dari keresahan dan yang paling utama adalah bebas dari penyakit hati.
hari jumat kemarin kita melakukan upacara bendera nii..saatnya bendera dikibarkan, kita peserta upacara di minta untuk menyumbangkan suara menyanyikan lagu indonesia raya yang di ciptakan oleh Bapak WR. Supratman.
aku tersenyum simpul ...ternyata aku da gak hapal lagunya..he..he..terpaksa diam deh..dilanjutin lagi pas da ketemu bait lagu yang hapal. maafin ya pak, da gak hapal sama lagu ciptaannya!! tapi bukan berarti aku gak cinta tanah air loh....walau cinta yang sebenarnya hanya pada cinta abadiku, yang hakiki cintanya dan yang maha luas kasihNya.
jadi ingat sama kata bijak dari buku yang ku baca kemarin nii...
* kutaati semua ambisiku, ternyata ia memeperbudakku. andai aku puas dengan apa yang ada..tentulah aku menjadi manusia yang merdeka*
nah tuu...benar kan? merdeka itu adalah merdekanya diri sendiri. kalau diri sendiri sudah merdeka maka tidak akan ada penjajah dan akhirnya gak ada juga yang namanya terjajah atau merasa di jajah..itulah merdeka yang sesungguhnya.
kalau diri sendiri tidak mau terdzolimi maka jangan pernah mendzolimi orang lain. merdeka bangsaku, merdeka negeriku, merdeka hatiku...lepaslah belenggu.

Tidak ada komentar: